Menyelami Dunia Autisme

By Anonim - 06.16



Judul: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
Judul asli: The Curious Incident of the Dog in the Night-time
Penulis: Mark Haddon
Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Tahun terbit: 2004
Tebal: viii + 312 halaman

Autisme sering disalahartikan sebagai kebodohan mutlak. Padahal tidak sedikit penderita autisme yang memiliki bakat melebihi orang normal.

Buku ini disajikan dalam bentuk jurnal yang ditulis oleh pemeran utama, Christopher Boone. Ia berusia 15 tahun dan menyandang Sindrom Asperger (sejenis autisme). Christopher pandai dalam hal-hal ilmiah namun kikuk berhubungan dengan orang lain, terutama karena ia tidak suka disentuh dan berbicara dengan orang asing. Hal tersebut membuatnya tak banyak menjamah dunia luar.

Suatu hari Christoper menemukan Wellington, anjing tetangganya, mati terbunuh. Ia pun berusaha mencari pelakunya. Dalam penyelidikan tersebut ia terpaksa keluar dari dunia kecilnya.

Ketika satu misteri terpecahkan, misteri lain pun terkuak. Penyelidikan mengenai Wellington mengantar Christopher pada fakta mengejutkan mengenai ibunya yang sudah meninggal dua tahun lalu.

Mark Haddon berhasil menampilkan cerita dari sudut pandang penderita autisme dengan begitu nyata. Novel ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan sederhana, namun bermakna kuat. Tak heran jika novel ini dianugerahi berbagai penghargaan sastra, antara lain Whitbread Novel Award 2003 (hadiah sastra yang bergengsi di Inggris).

Novel ini mengubah paradigma masyarakat bahwa penderita autisme sebenarnya tidak berbeda dengan kita. Perasaan mereka tidak tumpul.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar