Pelajaran dari Sebatang Pohon

By Anonim - 21.17



Judul: Sebatang Pohon Tumbuh di Brooklyn
Judul asli: A Tree Grows in Brooklyn
Penulis: Betty Smith
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Januari 2011
Tebal: 664 halaman

Pendidikan adalah kunci penting menuju kesuksesan. Sayang hal tersebut sering dilupakan oleh masyarakat miskin. Wajar saja, mereka lebih sibuk bekerja untuk bertahan hidup daripada bersekolah. Namun tidak demikian dengan keluarga Nolan.

Francie Nolan adalah anak perempuan yang dibesarkan di pemukiman miskin Brooklyn. Bersama adiknya, Neeley, Francie membantu menyokong perekonomian keluarga dengan menjual barang-barang rongsok. Mereka hidup dengan roti basi, daging nyaris busuk dan kopi hitam yang semakin hambar. Meski demikian keluarga tersebut bahagia.

Ibu Francie bertekad untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya agar mereka bisa lepas dari jerat kemiskinan. Sementara sang ayah tidak bermimpi muluk; pada akhirnya ia justru mati muda. Ketika penghasilan utama keluarga hilang, mampukah Francie dan Neeley tetap bersekolah?

Buku ini menyadarkan kita bahwa pendidikan sangat berharga. Dengan penggambaran abad 19 yang apik, Betty Smith menginspirasi kita untuk tumbuh seperti pohon: kuat dan memberi manfaat untuk dunia.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar